7 Nov 2014

 11/07/2014 08:46:00 PM         6 comments
Mutiara diatas pasir
   Jika kamu suka nonton TV atau melirik papan iklan akhir-akhir ini, kamu tahu bahwa menggunakan telepon saat mengemudi adalah ide yang buruk. Bahkan sudah lebih dari 40 negara melarang praktek ini. Sebuah studi baru yang mensurvei 1.000 pengendara telah menemukan bahwa 98% dari mereka mengatakan praktek ini berbahaya. Namun, hampir 75% mengatakan mereka tetap melakukannya.
   Hal tersebut terjadi karena ada perbedaan besar antara sikap dan perilaku manusia. Ada keretakan antara apa yang kita percaya dan kemudian apa yang kita lakukan.
   Godaan untuk bertelepon atau sms-an, chat dsb. sebenarnya mirip dengan kecanduan akan permainan/game. Sulit diatasi bagi sebagian orang. Biasanya pesan teks atau telepon yang masuk menyebabkan pelepasan dopamin di otak, yang menghasilkan kegembiraan. Apalagi jika ternyata itu berasal dari seseorang yang menarik perhatiannya.
   Untuk mengurangi kebiasaan ini bisa memakan waktu bertahun-tahun, dan hal itu dapat menyerupai upaya untuk menghentikan kebiasaan mengemudi dalam keadaan mabuk, Karena itu kita perlu menyadari bahwa kita adalah bagian dari masalah sebelum kita bisa mengubah perilaku yang buruk tersebut.
   Berdasarkan hasil survey tersebut mendorong perusahaan AT & T mengembangkan aplikasi AT & T DriveMode khusus untuk pengguna iPhone, aplikasi no-SMS-saat-mengemudi yang ditawarkan oleh operator nirkabel utama AS ini telah tersedia gratis di App Store.
   Tapi secanggih apapapun aplikasi atau alarm yang di buat untuk kita, tidak akan mengubah kebiasaan bertelepon ria saat berkendara dalam waktu sekejap. Butuh kesadaran penuh dari diri masing-masing. Perlu di ingat bahwa pembicaraan telepon, pesan singkat yang sederhana atau sekedar mengecek handphone di saat berkendara bisa menjadi bencana yang mematikan untuk kamu.

6 komentar:

  1. Kayaknya udah jadi kebiasaan masyarakat kita deh, trekadang mereka berpikir kalau-kalau ada informasi yang penting dan mengabaikan keselamatan mereka sendiri.
    Padahal bisa saja mereka berhenti dulu untuk membuka HP, bukannya sambil berkendara buka HP. Yang paling ngeselin kalau lihat orang yang lagi telpon-telponan, terus HPnya diselipin dihelm.

    Salam kenal ea,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali masbro.
      Ya begitulah, kadang2 kita malah di bikin kesel karena mereka ga konsen dg kendaraannya, sering hampir mo nabrak org bgtu. di bilangin eh malah nyengir

      Hapus
    2. Ini blog baru ya, emang punya berapa blog?

      Hapus
  2. Blog sih ada banyak mas tapi yg di urus baru 1 ini http://hatiwansa.blogspot.com/, yg laen untuk belajar edit template n seo aja.
    he he he.
    untuk yg ini sih baru n mo bikin sesuatu yg beda,

    BalasHapus
  3. Masih banyak pemngemudi yg menerima telpon/sms seakan itu sangat2 penting. saya takut naik bis umum krn sopir bis selalu asyik telpon2an untuk memantau keadaan di perhentian selanjutnya. beneran bikin illfeel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah mbak, udah jadi kebiasaan, kadang udah kejadian juga blm insyaf jg

      Hapus

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.